Sebuah paten yang baru diterbitkan dari World Intellectual Property Organisation mengungkapkan bahwa Sony berencana untuk meneliti dan mengembangkan asisten kecerdasan buatan untuk konsol generasi berikutnya, PlayStation 5. Mirip dengan Amazon Alexa atau Apple Siri, AI tersebut membantu gamer saat mereka terjebak pada level atau bos tertentu, menawarkan berbagai sumber daya seperti kiat, peningkatan, atau bahkan konten yang dapat diunduh.

"Seringkali, mungkin ada sumber daya dalam game dari lingkungan game yang dapat membantu pengguna dalam mencapai tujuan dengan karakter," kata paten. "Sumber daya dalam game dapat berupa konten yang dapat diunduh (DLC), add-on, peningkatan, item, kiat, strategi, data komunal, dll. Namun, pengguna tidak perlu menyadari bahwa sumber daya semacam itu ada."

Sementara fitur baru mungkin bermanfaat dalam banyak kasus, beberapa telah menyampaikan keprihatinan mereka bahwa hal itu dapat menyebabkan peningkatan microtransaction, yang sekarang akan dipasarkan atau ditampilkan secara lebih jelas melalui asisten AI.