Pekan lalu, Intel telah memproduksi QLC 3D NAND solid-state drive (SSD) sebanyak 10 juta unit berdasarkan cetakan QLC NAND yang dibangun di Dalian, Tiongkok. Produksi dimulai pada akhir 2018, dan tonggak ini menetapkan QLC (quadruple-level cell memory) sebagai teknologi utama untuk drive berkapasitas tinggi.

"Banyak yang telah berbicara tentang teknologi QLC, tetapi Intel telah mengirimkannya, dan pada jumlah yang tidak sedikit," kata Dave Lundell, direktur Perencanaan Strategis SSD Klien dan Pemasaran Produk di Intel. "Kami telah melihat permintaan yang cukup banyak untuk SSD QLC kami (Intel SSD 660p) dan Intel Optane Technology + QLC kami (Intel Optane Memory H10)."

Berikut adalah beberapa fakta singkat yang terkait dengan pencapaian:

  • Intel QLC 3D NAND digunakan dalam Intel SSD 660p, Intel SSD 665p dan Intel Optane Memory H10.
  • Drive QLC Intel memiliki 4 bit per sel dan menyimpan data dalam konfigurasi NAND 64-layer dan 96-layer.
  • Intel telah mengembangkan teknologi ini selama dekade terakhir. Pada 2016, insinyur Intel mengubah orientasi teknologi floating gate (FG) yang sudah terbukti menjadi vertikal dan membungkusnya menjadi struktur all-around gate. Teknologi level sel tiga sel (TLC) 3D yang dihasilkan dapat menyimpan 384 Gb / mati. Pada tahun 2018, flash QLC 3D menjadi kenyataan, menampilkan 64 lapisan dengan empat bit per sel, mampu menyimpan 1,024 Gb / mati. Pada tahun 2019 Intel pindah ke 96 lapisan, mengurangi kepadatan areal keseluruhan.
  • QLC sekarang menjadi bagian dari portofolio penyimpanan keseluruhan Intel, yang mencakup produk klien dan pusat data.

Sumber: techpowerup.com